Senin, 01 Oktober 2018

Seragam Sekolah Mendidik Disiplin Siswa













Seragam Sekolah Mendidik Disiplin Siswa
Memahami Tujuan Seragam Sekolah
Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama bahwasannya penggunaan seragam sekolah di SMP Negeri 2 Bangsalsari merupakan suatu kewajiban.
Hal ini disampaikan oleh Kepala SMP Negeri 2 Bangsalsari Nugroho SIspriyono,S.Pd., M.Pd  dalam suatu kesempatan.

Yang perlu kita garis bawahi adalah penerapan seragam sekolah didalam lingkungan pendidikan ini bukan tanpa sebab, ada tujuan-tujuan tertentu yang ingin dicapai dengan penerapkan kebijakan tersebut.
Dan inilah beberapa tujuan dari penggunaan seragam sekolah yang harus kita pahami bersama. Kata Nugroho Sispriyono, S.Pd., M.Pd yang asli Sragen ini mengungkapkan :
Tujuan Seragam Sekolah

Pertama, tujuan penggunaan seragam sekolah yang penting adalah untuk menanamkan sikap disiplin kepada para siswa. Sikap disiplin ini sangat penting dimiliki oleh seseorang terutama ketika sudah besar nanti, dan tentunya hal ini harus dipupuk sejak dini seperti misalnya dilingkungan sekolah dasar. Sikap disiplin ini bisa dilatih dengan banyak cara, misalnya dengan memakai seragam sesuai waktunya, menggunakan seragam beserta atribut pelengkap seperti topi, dasi, name tag, dan lain sebagainya.
Kedua, salah satu tujuan dari penggunaan seragam sekolah yang tidak kalah pentingnya adalah untuk menyeragamkan siswa. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa tiap-tiap murid memiliki latar belakang yang berbeda, ada yang kaya ada juga yang miskin, ada yang mampu ada juga yang kurang mampu. Oleh sebab itu pihak sekolah melakukan kebijakan ini bertujuan untuk menyeragamkan siswa yang berdampak kepada semakin berkurangnya gap (jurang pemisah) antara para siswa dilingkungan sekolah tersebut.
Ketiga, tujuan dari penerapan seragam sekolah adalah sebagai atribut atau bisa dibilang sebagai identitas. Fungsi terpenting dalam hal ini adalah untuk mengontrol dan mengawasi tingkah laku para siswa ketika mereka berada diluar lingkungan sekolah. Sehingga terbentuklah akhlak yang baik dimanapun mereka berada, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.
Tentunya mereka akan berpikir panjang untuk melakukan tindakan-tindakan negatif karena akan mencoreng citra dirinya sendiri dan juga SMP Negeri 2 Bangsalsari tempat dimana dia mengenyam pendidikan.
Nah mungkin itulah beberapa hal yang perlu kita pahami sebagai tujuan dari penggunaan seragam sekolah, pungkas Nugroho mengakhiri wawancaranya.


1 komentar :

  1. merujuk pada tujuan dari berseragam yang salah satunya adalah untuk pendisiplinan. maka sangat perlu untuk adanya tindakan pasti yang tentunya demi berjalannya pendisiplinan terhadap siswa yang tidak memakai seragan yg ditentukan.
    seringkali saya melihat siswa tidak memakai seragam, semisal saat berilahraga terdapat siswa yang memakai kaos hitam bahkan terkesan tampak bukan sebagai seorang pelajar

    BalasHapus